badge

Tuesday, April 17, 2018

Enggak Punya Mobil Gimana



Mobil sekarang jadi kebutuhan primer, sekunder atau tersier atau kebutuhan GAYA HIDUP?

Banyak yang bilang sudah jadi seperti Sandang-Papan-Pangan. Karena Sepeda Motor sudah menjadi hal lumrah, maka hal berikutnya adalah Mobil. Jangan bicara jaman dulu ya, tapi realitynya sekarang Mobil bukan barang mewah lagi (kata sebagian orang).

Seenak itu orang bisa beli mobil, dan semudah itu mereka beli 😂 (ya Tuhan mudahkanlah saya juga ya 😊).. Bayangin aja sekarang DP Mobil baru kok cuma 15jt-an 😵 hedeun,, gimana orang nggak banyak yang beli.. Marketingnya tutup target 💃💃💃


Suami pernah ngajak buat ganti mobil, WHAT belum mau lagi deh saya berhubungan dengan Hutang. Bukan anti sih, tapi pengen ngerasain "feel free" aja ama yang namanya Hutang Gede. Gampang banget kayaknya, CUMA 15jt pak mobil bisa langsung dibawa pulang.

IYA CUMA 15JT DEPANNYA, bulanannya yang ADUHAI 😹




Saya nggak judge yang pada beli mobil baru, tapi ini dari sisi saya ya.. Kalau mereka mampu sih nggak APA-APA.

Ini mengenai BUTUH apa PENGEN, udah sih semudah itu aja ( I thought it's not easy 😋). Misal nih kita bisa aja ambil mobil baru-DP Murah-biaya bulanan juga kita bisa, tapi beneran butuh mobil yang harganya segitu?

Kalau jawabannya iya, ya nggak apa-apa.. Take it.

Kalau jawabannya sebenarnya butuh cuma buat anter anak kesekolah biar nggak kehujanan, jalan kesekolah juga nggak jauh-jauh amat, roadnya halus sih ya ... SESUAIKAN aja, beli second kondisi masih oke dan layak kan bisa aja nggak perlu beli yang Baru dan Harganya bisa 3x lipat dari second yang masih bagus 😻

MOBIL itu kan Aset?


Really? ini aset? 
Kira-kira menghasilkan? kalau iya berarti bisa jadi ini adalah modal kita untuk membuat ini jadi pemasukan. Misal mobil ini kita sewakan, kemudian tiap hari/minggu/bulan kita bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Dari penghasilan tersebut bisa kita buat untuk bayar cicilan plus sisihkan sebagai keuntungan murni. Kalau kata Jouska, misal kita memiliki sebuah usaha - please bayar diri kalian juga (gaji pemilik usaha). 

Atau misal nih, dengan adanya mobil baru itu bisa meningkatkan grade kita. Grade disini nggak cuma di gensi aja ya, seorang pembicara bisa juga loh kelasnya naik karena - apa sih tumpangannya? Atau kita punya klien, kepercayaan kepada kita bisa naik. Juga bisa mempengaruhi dalam hal kerjasama - melihat kitanya Naik Mobil apa? bisa aja kan,, 

TAPI

Kalau mobilnya semakin mahal, maka gaya hidup kita berpengaruh.. wa ini yang perlu kita koreksi. Sampai disini jangan baper dulu ya.. gaya hidup mewah juga nggak masalah asalkan Aset aman, dana darurat, keuangan harian juga AMAN. 

Yang nggak aman itu, ketika status mobil naik maka pengeluaran kita jadi nggak stabil.. Sering denger kan : kalau ada orang yang dulu gaji 1juta dia bisa nabung, terus gajinya naik jadi 10juta - tapi tabungan nggak nambah-nambah juga. Lari kemana sisanya yang dulu?? ke gaya hidup ?

Sepengelaman saya, sejak saya memiliki mobil pengennya nge-Mall euy.. 😜 seberapa sering? dulu pas mobil masih TUA, seminggu sekali saya nge-Mall. Kemudian beli lagi yang lebih nyaman dan berapa sering saya nge-Mall, makan diluar?? seminggu bisa 2-3 kali.. Ini saya yang notabene masih tinggal di jogja dengan gaji yang belum sebanding di Ibu kota ya.. Penghasilan bertambah dan pengeluaran semakin besar untuk menikmati gaya hidup. Sekali keluar minimal 300rb 😜 .. Nyesel nggak?? Nggak lah kan udah jadi 😊 anak-anak, saya dan suami plus jadi 💩 jugak ,, (maaf kalau lagi ada yang sedang makan 😁)

Terus Solusi?

Saya juga nggak bisa bikin solusi terbaik, karena kita sendiri yang bisa menentukannya 💋

Kemudian Nggak Punya Mobil?

Itu pun saya alami, masih ada mobil Tua yang sedang dirombak di bengkel. Kemudian karena suami berada di Negeri Tetangga untuk menuntut ilmu, mobil satunya nganggur. Banyak yang memberikan saran :
  • Ayo latihan mandiri
  • Udah belajar lagi aja-dilancarin belajar nyetirnya.
  • Nanti kalau anak-anak mau kemana-mana kan udah bisa setir mobil, nggak kehujanan
Ya, nggak ada yang salah dari saran-saran ini. Namun tekad saya belum sebulat tahu yang digoreng dadakan 😆. Saya merasa ini mobil sepatutnya dijual, karena saya punya plan lain setelah ini. 

Kenapa atuh dijual? Nggak sayang? Itu kan memiliki nilai historis?
  1. Mobil butuh perawatan, perawatan butuh dana
  2. Bensin mobil dan motor itu beda biayanya
  3. Pajak mobil yang bulan Juni 2018 besok udah mau tahunan
  4. Saya lebih HSH (Home Sweet Home) aja kalau pas lagi liburan bareng anak-anak
  5. Saya ingin melunasi hutang beli rumah
  6. Saya ingin menambah tabungan
Itu beberapa alasan saya menjual mobil, dan apa faedahnya ?
  1. Saya nggak mikir lagi manasin mobil tiap pagi
  2. Biaya perawatan mobil sudah tidak masuk list pengeluaran
  3. Ruang parkir mobil bisa dipakai anak-anak main, terasa lebih lega
  4. Pajak tahunan mobil udah nggak saya plot di catatan 
  5. Hutang rumah udah lunas (impian saya adalah sebelum anak SD urusan hutang ini udah selesai, alhamdulillah atas izin ALLAH tercapai)
  6. Plot uang yang sebelumnya untuk bayar cicilan saya rubah menjadi tabungan yang berpenghasilan (kenapa gini? kan udah sering hidup dengan uang segitu, ya udah lanjutin aja. Kalau dijadikan uang operasional aduh rancak-banak nanti keuangannya 💃)
  7. Ketika butuh pergi sama anak-anak cukup pakai jasa mobil online aja, faedahnya apa? bisa gonta-ganti mobil dengan harga murah 😅
  8. Leyeh-leyeh dirumah lebih hemat,, ntar aja kalau mau hura-hura nunggu suami pulang 💞

Gengsi turun nggak ketika nggak punya mobil?? Saat ini saya belum merasakan penurunan gengsi. Banyak belajar dari cerita dramanya Jouska , jadi lebih realistis menghadapi kehidupan yang nggak jauh-jauh ama keuangan. Pernah denger cerita langsung dari seorang pengusaha yang lebih memilih menjual mobilnya dan rela by ojek online aja kalau kemana2. Saya tanya kenapa? ya alasannya hampir sama dengan saya diatas, mengurangin Pengeluaran 💣

Nah jadi gimana? menurut kalian ada nggak pengaruhnya antara kepemilikan dan gaya hidup?

Ya udah, semoga ada faedahnya tulisan ini 👋

0 comments:

Post a Comment

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template