Thursday, January 11, 2018

[pengalaman] Pakai BPJS Untuk Operasi GIGI Bontot

Dear all Members of BPJS
I wanna say to thank you.. 💓💓
Karena kita telah bergotong royong untuk kesehatan umat manusia di Indonesia Khususnya..

Alhamdulillah sudah selesai semua perhelatan ini
Keberanian yang telah saya pupuk lama, kini mulai bersemi. Puitis abis ini postingan, ya karena butuh keberanian ekstras untuk "MENCABUT GIGI BONTOT".

Jadi gini proses kejadiannya :

  • GIGI BONTOT tumbuh tidak sempurna
Gigi Bontot saya yang tumbuh diusia belasan menuju puluhan ini menyebabkan ruang geraknya yang sudah semakin sempit. Gigi bontot atau bungsu ini yang susah dijangkau ketika menggosok gigi akan menyebabkan penimbunan plak, sehingga sering terjadinya nyeri karena mungkin gigi berlobang akibat bakteri.

Ini juga yang saya alami, ketika sedang sakit gigi. AMPUN AMPUNAN, dari mata sampai kepala bagian belakang sakitnya bukan main. Sampai akhirnya saya kadang demam dan badan terasa seperti orang masuk angin.

Sejak saya berusia 20tahunan lah saya merasakan bengkak gusi dan ternyata si gigi bontot ini tumbuh, saya tak mempermasalahkan, toh ini seperti gigi pada umumnya. Walhasil setelah menjamahi mulut saya selama 10tahunan VOILA akhirnya saya nggak tahan lagi sist.. 😭

Menurut Dr. Didit (yang memeriksa gigi saya dan dokter bedah mulut saya) alangkah lebih baik untuk gigi bungsu yang tidak tumbuh dengan baik atau sering disebut impaksi gigi, dilakukan pembedahan sebelum : hamil, sebelum usia 27 tahun. 😮

Nah, karena udah terlanjur di usia saya yang ke 30 ini baru deh ngeh dan ooo gitu,,, Ya kali, dulu mau ke dokter takut biaya sist.. apalagi dokter gigi, satu gigi normal aja tahun 2015 kakak saya 750rb 😢

Dr. Didit dari RSA UGM menjelaskan detail saat pemeriksaan dan beliau sudah mempersiapkan presentasi tentang Impaksi gigi. WOW,, nggak tanggung-tanggung jelasinnya, ampe ada videonya juga dan contoh2nya.

Selanjutnya saya melakukan perjanjian operasi pencabutan gigi dan yang kosong di tanggal 22/11/2017 , diminta persiapan mondoknya hari selasa 21/11/2017. Saya melanjutkan proses ke bagian pendaftaran untuk melakukan perjanjian kembali dan mendapatkan surat resmi rujukan mondok. Ini seperti surat sakti sih, jadi ini adalah pengantar saya untuk bisa operasi di RSA UGM.

Konsultasi dengan dokter bedah mulut, free cik. NGGAK bayar. BPJS 💖
  • Rontgen Gigi (9/11/2017)
    Setelah mendapat rujukan dari FASKES 1 dan di lanjutkan ke RSA UGM, maka bertemulah tadi dengan dokter bedah mulut. Dianjurkan untuk melakukan rontgen gigi di PARAHITA, dengan berbekal surat rujukan dari dokter dan RSA UGM (karena saat itu alat rontgen gigi yang ada di RSA UGM sedang rusak). 

    Akhirnya menuju ke PARAHITA Jl. Kaliurang, Sleman Yogyakarta, dan di perjalanan itulah saya kena MOMENT (alias cegatan a.k.a TILANG) sis,,ntar dibahas prosesinya dilain kesempatan. 

    Tinggal kasih surat rujukan dan antri periksa deh. Alatnya nggak serem sih, cuma diminta berdiri tegak aja, terus ada lempengan yang akan bergerak memutari wajah kita. Udah gitu aja rontgennya. Nggak butuh waktu lama, cuma sekitar 1 menitan aja, dan tinggal tunggu deh hasilnya. Setelah sekitar 10-15 menitan, keluarlah hasilnya... Wahhhhh ternyata giginya memang nggak lazim tumbuhnya.
    Seperti ini model alatnya, tapi nanti ada semacam plat berjalan muterin wajah

    Dari hasil ini, maka sebagai rujukan untuk bisa dilakukannya operasi pencabutan GIGI Impaksi. Oke hasil sudah didapat tinggal tunggu 12 hari lagi menuju ke Operasi.

  • Persiapan Mondok
    Setelah 12 hari penantian, maka saatnyalah kita berjibaku dengan permondokan. Syarat yang harus dibawa ketika akan mondok a.k.a rawat inap adalah : 
  1. FC Kartu BPJS/KIS/ASKES/JAMKESMAS
  2. FC KTP/Akta Kelahiran
  3. FC Kartu Keluarga (khusus PBI a.k.a Penerima Bantuan Iuran)
  4. SKD (Surat Keterangan Diagnosa)
  5. Surat Rujukan dari Faskes 1
  6. SKRI (Surat Keterangan Rawat Inap) dari perawat Bangsal (ini nanti akan didapat jika kita sudah masuk keruangan rawat inap)

  7. SEP (Surat Eligibel Peserta) Rawat Inap (itu nanti yang mengeluarkan dari RS nya)
    Jadi, ketika menggunakan BPJS maka persiapkan FC yang cukup paling nggak 5 FC Kartu BPJS, FC KTP, FC KK, FC Surat Rujukan Faskes 1, FC Surat Keterangan Diagnosa. Ini sih untuk administrasinya. Nggak RIBET kok, tapi ya kudu sabar antrinya 😉

    Ngumpulin yang ada syarat diatas kecuali nomor 6 dan 7 (yang ngeluarin RS), antri untuk dapat kamar. Setelah dapat kamar sesuai BPJS (karena mau naik kelas udah penuh, ih gaya amat ya. Bukannya gitu sist, biar nyaman aja kalau kelas 1 atau VIP yang jaga nungguin nggak kasihan tidurnya, saya diminta ke Poli Bedah untuk menyerahkan semua syarat tadi.

    Menuju poli bedah dan diminta ke Lab, dapat surat lagi dan ya udah tinggal daftar terus ambil sampel darah. Hasilnya ditinggal, karena kita rawat inap.
    Ruang Labnya Cozy

    Balik lagi ke poli bedah mulut untuk diantar ke kamar, Alhamdulillah dapat kamar nomor 2 dan berisi 2 orang sahaja. Kita dipakaikan gelang warna pink 😊 ,, sebenarnya kita udah nggak boleh kemana-mana kalau udah pakai gelang pasien. Tapi karena saya sendiri (suami kerja) ya mau gak mau minta ijin untuk urus kelengkapan administrasi yang nomor 6 tadi ke bagian rawat inap deh.
  • Di INFUS
    Bukan pengalaman pertama kali sih kalau di infus, dulu waktu melahirkan juga diinfus. Tapi ini kok lebih sakit ya ,,, "iya mba, soalnya kan jarumnya lebih besar karena mau persiapan operasi" kata suster
    Warna Jarum Infus (Tapi kita nggak akan bahas ini) 😂
    Make sure yang lagi viral tentang si pejabat SN, saya nanya sih : kalau yang operasi kan Jarum infusnya warna HIJAU, nah kalau warna KUNING, buat apa #eh siapa? Buat anak kecik usia 1tahunan dan dewasa usia lanjut, dan itu kecil-tipis jarumnya.
  • Puasa
    Seperti operasi2 lainnya kita harus puasa dulu sebelum melakukan operasi, malam jam 23.00 max boleh makan dan minum. Dan sebelum berjuang operasi, dari siang saya udah menguyah camilan2 micin dan malamnya suami beliin Mc'D.. Kombinsi yang pas 😋
  • Persiapan Operasi
    Saya mandi pagi habis shubuh dan setelahnya menggunakan baju operasi berwarna hijau. Ketika melakukan operasi ada note2 khusus yang harus dilakukan : 
  1. Nggak boleh menggunakan pakain yang ada berbau2 besi, seperti bra. Meskipun sport bra yang nggak ada besinya. Karena itu akan menganggu proses pernafasan
  2. Nggak pakai pakaian dalam apapun
  3. Kalau kalian suka pakai kutek, maka hapuslah kutek 💅
  4. nggak boleh make up alias dandan euy.. kemarin sok2an saya adalah make lipstik 👄 Rencana sih biar nggak pucet gitu, but percayalah kalau mau operasi dalam keadaan cantik sih nggak perlu ternyata ✌ , terus saya tanya kenapa ngak boleh?? kata suster, ntar jadi nggak tau dong kalau pas operasi itu keadaan HQQ si pasien. Kan tuh lipstik akan menutupi jejak rekam pucetnya, nah dokter kan harus memastikan pasien dalam keadaan yang baik2 saja ketika melakukan operasi
  • Masuk ruang Operasi
    Pakai geledekan (apa ya namanya, tempat tidurnya orang sakit) terus diajak ngobrol sama pengawal dokternya, semua-muanya ditanyakan. Kerja dimana? anaknya berapa? ditungguin siapa? deg2an nggak? terus yang nanya nggak cuma 1 tapi banyak,, dan DIBIUS,, rasanya gimana?? seperti kesemutan tapi dalam skala 100%++ di daerah missV. Terus ya nggak tau gimana tiba2................. 👀
  • Selesai Operasi
    Sipengawal dokter nepuk2 pipi saya dan saya tersadar, kemudian ditanyain nama, dll. Setelahnya saya dibawa keruangan. Kata suami sekitar 3jam baru keluar dari ruang operasi. Lama amat ya.. 4 BUAH GIGI BONTOT sudah tercabut dengan baik 💃💃💃💃
  • Pasca Operasi
    Rasa tenggorokan sakittt bangettttt, nggak bisa buat nelen 😭 aku sedih... notednya :
  1. Nggak boleh meludah, semua2nya harus ditelen. Rasa darah, betadine (sebut merk) plus ludah bercampur jadi satu (njijiki ya) 
  2. Nggak boleh menyedot (minumnya harus disendokin dan dikit2)
  3. Nggak boleh berkumur (hari berikutnya baru boleh)
  4. Nggak boleh menyikat gigi sebelum 24jam
  5. Nggak boleh menguyah sebelum 24jam
  6. Nggak bisa buka mulut lebar2 T_T sakit mbak sist
  7. Bengkak selama 5-7harian
  8. Buat nelen juga masih agak2 sakit
  9. Belum bisa ngunyah sempurna
  10. Badan jadi ngerasa nggak fit

    Dan setelah operasi paginya, sore saya sudah boleh pulang. Karena memang ini hanya operasi kecil saja. Alhamdulillah,,, semoga selalu diberi kesehatan, operasi cabut gigi gini aja rasanya udah nggak karuan... 
  • Penyelesaian Administrasi
    Saya masih diruangan, suami diminta ke bagian administrasi. Semua persayaratan BPJS yang saya bahas sebelumnya dibawa ya, pastikan semua dokumen dijadikan satu Map jadi mudah untuk dicari dan dibawa2.
    Alhamdulillah, karena BPJS semua jadi gratis. Harusnya saya bayar 10JUTA lebih, sekali lagi terimakasih atas gotong-royong peserta BPJS. Semoga sekali ini saja saya operasinya, dan iuran BPJS saya bisa memberikan manfaat bagi orang lain yang membutuhkan.
Yeay.. semua udah kelar dan lebih semangat menjalani hari2 tanpa gangguan si gigi bontot lagi.. Bye gigi bontot, terimakasihs udah menemani selama kurang lebih 10Tahun. 💞

Buat yang lagi persiapan operasi pencabutan gigi, semangat ya sist.. semua akan indah pada Waktunya



Source gambar alat : 
https://alkeskendari.com/disposable-habis-pakai/abocathjarum-infus
http://antondpradani28.blogspot.co.id/2013/05/panoramic.html

29 comments:

  1. Saya bacanya sambil nahan ngilu 😂😂😂
    Serem2 gimana gitu, kayaknya lebih serem ketimbang operasi sesar, secara ini dalam mulut.

    Btw salam kenal mbak, thanks sharingnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Rey,, Ngeri-ngeri Sadapp hahaha
      karena belum pernah caesar,, jadi kagak ngarti dah tuh serem yang mana,,
      mungkin kalau caesar kan sakitnya terbayar karena bertemu sang buah hati ya,, hehehe,, kalau cabut gigi, ketemunya ama sompalan gigi wkwkw

      Delete
  2. Saya di pinta bayar 1.5 jta. AlesannAl add alat yg GK di tanggung BPJS/tidak tersedia di rs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAAA,,,
      iyakah.. harusnya kalau tidak tersedia di RS tersebut maka dirujuk ke RS yang lebih besar,,

      Semoga hanya sekali ini aja y mbak ,, persoalan gigi ^_^

      Delete
  3. Aku juga disuruh operasi, tapi takut, apalagi sampai nginep 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang butuh mentalll baja mbak,, diriku aja udah pending sejak mau akan kehamilan pertama ..
      Ayo mbak,, Be Brave ^_^

      Delete
  4. Aku juga disuruh operasi, tapi takut, apalagi sampai nginep 😂

    ReplyDelete
  5. Mba, maaf mau tanya.. waktu minta rujukan bpjs ke rsa ugm, gigi bungsunya dalam kondisi gigi lagi sakit/tidak? Saya sudah pernah rontgen waktu gigi sakit, tapi ga berani operasi. Saya obatin aja sampe ga sakit. Tapi ada kepengenan buat cabut empat2nya sih, udah mau kepala 3 juga, takutnya kedepan malah bermasalah makin parah. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mbak esther,,
      Waktu itu dalam keadaan sakit, kemudian diberikan obat nyeri. Setelah itu seminggu kemudian diminta kembali ke faskes 1 nya, terus dikasih rujukan ke RSA UGM. Dari situ saya dikasih rujukan ke RSA UGM, baru deh berlanjut ke proses perjanjian, dll.

      Ayok mbak cabut aja, karena kalau dibiarin itu bikin sakit ntar2nya,, Semoga dipermudah segala urusannya untuk prosesnya ya mbak Esther ^_^

      Delete
  6. Mbak... Kalau belum sebulan umurnya kita jd pserta BPjS apa bisa? Yg byarnya 25rb per bln tu lo mbak klasny, apa bs jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pengelaman kakak saya ketika melahirkan, jika belum ada sebulan maka belum bisa proses. Namun coba bisa ke faskes 1 nya dulu mbak evi, apakah bisa mendapatkan rujukan ke RS selanjutnya ^_^

      Delete
  7. Terima kasih sharing nya mba, saya baru aja di rujuk drg di tmpt saya untuk melakukan bedah mulut karena ada gigi tumbuh di dalem gusi. Hehe. Takut juga ya mba, tp seperti kata mba akan indah pada waktu nya. Kalau boleh tau kita gak di pasang kateter itu kan? Pengalaman pas operasi sesar pasang kateter nya sakit banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear dima, sama-sama syukurlah jika memang bermanfaat.
      Tenang mbak dima, nggak dipasang kateter kok. Semangat ya ^_^ semoga dimudahkan dan dilancarkan proses operasi dan pemulihannya

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gigiku ga keluar jd harus dibedah.. duh takuut :( tpi aku pengen sembuh..
      Aku kan bisnis online salah satu cust ku bilang, dia jg ga sakit gigi yg sakit bawah telinga yg disuruh operasi gigi nya, Alhamdulillah sembuh katanya,, aku berharap bgt setelah operasi gigi bungsuku, semua sakit yg dirasa selama 2minggu ini bisa sembuuh aamiin..
      Apa misal kalo kita ke bedah mulut itu emang ga langsung di operasi yah?..
      Berarti meski bpjs belum selesai aku mending ke dokter bedah mulut dulu yah?..
      Biar sama sama nungguin??

      Delete
    2. Dear Prefti,,
      Atau ditunggu terlebih dahulu untuk BPJS, tapi kalau mau ke dokter bedah mulut dulu ya tidak apa2, nanti akan bolak-balik juga sih kesananya.
      Karena diawal kita diobservasi dulu, baru nanti perjanjian untuk operasi impkasinya. lebih baik sekalian menunggu untuk BPJSnya jadi ngurusnya bisa sekalian ...

      Delete
    3. Iya jg yah,, ini jg untuk kelengkapan pake bpjs ada masalah.. ternyata Kartu Keluargaku masih yg lama,, haduh, ada ada aja,, katanya buatnya jg lama,,
      masalahnya pengen ilang dari kegelisahan dan ga sakit sakit lg,, soalnya sakitnya yg lain, ga sakit sama sekali eh malah yg dioperasi gigi.. katanya sih itu baru tumbuh jd belum kerasa,, tpi ini udh kaya ada pembengkakan gitu digusi paling belakang kayanya iya yah baru mulai kontraksi giginya, hiks hiks,, kemaren jg sempet demam tinggi kayak mau tumbuh gigi..
      mudah"an aja iya itu akar masalahnya jadi sudah operasi nnti sembuh dan fokus untuk lanjutin usaha lagi..
      We'll minta do'anya yah mba, biar dilancarin, dipermudah semuanya, biar aku bisa sembuh seperti sedia kala aamiin

      Infonya mba bener bener bermanfaat banget buat aku..
      Makasih yah atas jawabannya,, moga mba nya sehat selalu, bahagia selalu dan dilancarin rejekinya yah aamiin

      Delete
    4. Hug for you prefti,,
      semoga dikuatkan ya prosesnya,, sementara minta obat pereda nyeri sementara mengurus BPJS nya, ,, semoga dimudahkan juga untuk proses BPJS nya,, amin amin amin.. untuk dirimu juga sehat selalu ya,, ^_^

      Delete
  9. Aduh q ma drg.ku juga disuruh operasi mbak karna impaksi geraham kanan bawah. Tapi disuruh pke bpjs, katanya sayang klo g dipake ma sekalian cabut gigi geraham bawah kiri juga. Tapi takut dgr kata operasi mba. Emang butuh mental baja ya mba.. Bingung n takut tapi pgn sembuh 🙁🙁

    ReplyDelete
    Replies
    1. do it ^_^ ku kasih yel2 ya,, hahaha,,
      Akan indah pada waktunya InsyALLAH ,, or u get tooth ache for along time .. ayok semangat ,,

      Delete
  10. Assalamualaikum mba.ni saya juga lagi impaksi. Yg saya mau tanyakan dari proses ke faskes 1 sampai finishing operasi makan waktu berapa hari mba.soalnya temen ku koq ada yang sampai 1 bulan bahkan sampai 3 bulan.apa tergantung dari tingkat keparahan.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam,
      Dari faskes 1 ke RS Rujukan sebenarnya tidak butuh waktu lama, 1 hari bisa . Namun untuk di RS Rujukan itu ada proses perjanjian dengan dokter bedah mulut, ketemu 1 kali untuk dilakukan pemeriksaan dan nanti akan diminta untuk rontgen. Dan kita periksa lagi untuk melihat dari hasil rontgen kemudian perjanjian untuk operasinya. Kemarin saya sekitar 1 bulan prosesnya. Saya cabut 4 gigi, bisa yang cabutnya per satu gigi sekali tindakan, atau memilih sekalian dicabut bersama. Semangat ya mas arif, semoga lancar prosesnya ^_^

      Delete
  11. Dear mbak nya... Artikel nya ber manfaat sekali. Gigi aku udah bener bolong setengah.. Dan membuat gusi tumbuh dalam Goa gigi bungsu ku. Aku semestinya memang operasi.tapi gitu khawatir dan gelisah masih menghantui ahhhhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah,, jika memang bermanfaat. Ku hanya bisa kasih semangattt,, operasinya nggak sakit kok, karena kan dibius total, atau bius lokal biasanya juga nggak kerasa. tapi memang after operasinya yang agak sedikit perjuangan. ^_^
      semoga lancar semuanya ya,,

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. maaf mbak kalau setelah dapat rujukan lalu kita ke RS yg lebih besar kan belum dioperasi, pas observasi, Rontgen juga harus didampingi keluarga mbak? atau pas operasinya saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus didampingin keluarga ketika rontgen. Mungkin ketika sudah mau pemesanan kamar, itu butuh orang yang mendampingi karena harus bolak-balik prosesnya..
      semangat ya ^_^

      Delete
  14. Makasih mba udah sharing. Tahun besok saya 27 nih mba. Aku juga 4 gigi bungsu yg bermasalah. Ke puskesmas selalu bilangnya 'ouh gigi belakang numbuh' terus kasih obat pulang padahal terakhir bilang harus di operasi eh malah dikasih obat lagi. Gemes.. akhirnya ke klinik gigi, dan bener harus operasi langsung dikasih surat rontgen. Satu gigi 2,5jt 😂. Jadi niatnya pake bpjs aja.

    Gimana sih mba bilangnya supaya langsung dapet rujukan untuk operasi?
    Sakitnya dateng setiap 2 bulan sekali, jadi bikin gak nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke faskes 1 dengan dokter yang berbeda mbak coba. Terus bilang aja, kalau pernah ke klinik gigi dan memang terjadi impaksi yang harus di rontgen dan dioperasi. Tanya ke dokternya apakah saya bisa meminta rujukan ke RS dengan tingkat selanjutnya?

      Memang agak perlu ngeyel2 dikit sih mbak,, hehe..

      Atau bisa saja mbak utami rontgen dulu dan dibawa ke paskes 1 (puskesmas) biar ada data pendukung untuk ke RS tingkat lanjut.

      Semoga berhasil mbak ^_^

      Delete

 

Instagram @pujiariningsih

back 2 right way Template by Ipietoon Cute Blog Design