badge

Friday, December 4, 2015

Berbagi Bikin Ploong

Bersyukur dengan cara berbagi
Sebagai orang yang menganut agama Islam, dalam AL-Quran ALLAH berfirman :

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7)

Kenapa bersyukur itu membuat kita ditambah nikmat?

Nggak InsyaALLAH lagi, tapi PASTI loh itu.. seperti gambar diatas dijelaskan, kalau bersyukur itu :
  • lebih tenang, nggak perlu mikirin orang lain yang bisa beli jetset pribadi, nggak perlu mikirin tuh gelang emas dan berlian bergemerlap, nggak perlu mikirin orang ini punya rumah segede gaban bangunnya pake apa ya?  ya ya ya,, itu mah terserah mereka ya, mau beli jetset, yo nggak masalah kan itu uang mereka, rejeki mereka, suka2 merekalah. Terus kalian mau kalau kalian tiba2 mendadak kaya seperti mereke, terus kalian beli pulau pribadi dan digunjingin banyak orang?? MAU? nggak kan? nah, maka syukurilah yang kamu miliki sekarang. Rugi? nggak bakal rugi, toh kamu tinggal mengucap ALHAMDULILLAH, tersenyum dan nikamti deh yang kamu miliki. 
  • lebih mengingat yang maha ESA, ketika kita merasa apa yang kita miliki adalah istimewa pasti yang kita ingat adalah yang maha pemberi hidup. Apapun yang kalian miliki adalah HANYA titipan saja. Jadi dengan mengingat-NYA maka kau akan merasa bahagia :)
  • lebih mendekat pada NYA, ketika masalah besar datang maka kamu bersyukurlah, dan katakan "Hey Problem, I have God" jangan "God, I Have a BIg Problem" terus sambil nangis2 banting berlian. Jadi semua masalah yang dianggap besar itu adalah ujian bagi kita untuk naik tingkat/kelas "kata orang". Memang nggak semudah yang saya tuliskan, namun let's try and do the best for u'r life.
  • lebih menikmati hidup, katanya pepatah bahasa jawa "Urip Mung Mampir Ngombe" - "Hidup Itu Cuma Numpang Minum". Intinya hidup didunia ini hanya sekejap, karena yang kekal itu adanya di Akhirat. Nikmati apa yang kamu miliki dan jangan memikirkan kenikmatan orang lain, capek sob.

Nah, gimana cara real untuk bersyukur? 

Banyak, banyak banget-salah satunya adalah dengan BERBAGI. Mulai dari yang paling gampang, berbagi senyuman, berbagi kebaikan, membantu, menolong dan sejawatnya.

Ntar habis dong, kalau dibagi-bagi? 

HOOOP, tenang aja kalau berbagi dalam kebaikan mah nggak ada ruginya dan nggak akan kekayaan kamu habis. PERCAYALAH..

Sering kan denger cerita2 orang, ketika mereka bersedekah,,dengan izin ALLAH malah dilipatgandakan rejekinya, langsung ataupun ada juga yang tidak langsung. Contoh real nih, si fulan sedekah hari jumat Rp. 50.000,-, kemudian setelah selesai sholat dan beliau ini melanjutkan aktivitasnya mengajar, teretet,, dapet amplopan Rp. 500.000,- nggak lebih-nggak kurang,, 10x lipattt dan lain-lain lah.

Terus apa yang saya lakukan?

Saya bukan pelopor besar, atau tokoh yang bisa mengisnpirasi banyak orang, bukan juga orang yang bisa berjumawa besar2 atas jasa saya. NGGAK, saya hanya penyalur saja. ALLAH berikan ijin saya untuk bisa mengajak dan berbagi lewat rejeki yang ALLAH berikan kesaya. Semua kisah ini ditulis untuk terus mengingatkan saya, agar selalu memberikan senyuman dan kebahagian sekitar saya, bukan saya mau meninggikan dada - bahwa saya loh bisa nih,, nggak loh ya.. semata-mata ini karena ikutan GA nya mbak Monika huehue huehue 

1. Saya mengajak teman yang waktu itu kerja di jepang, untuk mengirimkan sebagian rezekinya yang bisa saya salurkan untuk adek2 sekitaran saya yang memang memerlukan peralalatan itu, yuli namanya . FB nya : Yuli Isti

 
paketan untuk anak-anak
Mereka sedang menulis doa untuk yuli


Namanya tika serius menulis doa untuk yang punya hajat-yuli

Doa dari anak-anak untuk yuli


Doa dari anak-anak untuk yuli ver.2



Anak-anak senang dengan paketannya
Saya dokumentasikan semuanya, termasuk nota2 belanjanya. Tujuannya biar teman saya juga lega, dan ini sebagai bukti pertanggungjawaban saya, untuk rejeki dia yang telah selesai saya tunaikan untuk berbagi dengan adek2 yang memerlukannya. Teman saya lega dan merasa senang bisa memberikan senyuman dan kebahagiaan untuk mereka. Iya Berbagi itu bikin PLOOONG .. 

Doa-doa mereka, anak-anak ini diijabahi oleh ALLAH. Setahun setelahnya atas ijin ALLAH, temen saya mendapat jodohnya yang terbaik yang ALLAH berikan untuknya,,,untuk rejeki PASTI tambah lancar baik rejeki kesehatan, rejeki secara finansial, maupun keberkahan untuk keluarganya. Masih enggan berbagi?? 


2. Belum dikaruniai momongan, tapi saya seneng banget sama anak kecil. Walhasil bertemulah ide yang pas dengan mbak Salma Indria Rahman, seorang pencetus dongen boneka jari si JUKI. Sudah lama kenal, tapi baru klik dengan acara beliau yang ingin memperingati Hari Anak Nasiona, terus saya bekerjasama dengan SAPA (Sahabat Anak Perempuan dan Keluarga) untuk berbagi cerita dengan para krucil. 

saat saya berkunjung keruang pediatric dan bercerita kepada anak2 yang sedang sakit







Press Release di Harian Jogja
Melihat anak-anak yang sakit, pasti duhh nggak tega :( tapi apa kita harus bersedih terus,, nah dengan ajang ini, saya ingin membuat semangat mereka tumbuh lagi, membuat mereka ceria lagi, membuat mereka ingin cepat sembuh. Dan itu juga adanya penggalangan dana di sekitar saya bekerja, dan saya meminta bantuan rekan2 lainnya untuk berdonasi, yang nantinya akan saya kirim ke Rumah Pohon Acivity, untuk dibuatkan boneka jari dan kita bagikan kepada anak2 yang sakit. Berbagi bikin PLOOONG :)



3. Saya dan suami sudah hampir 1 tahun belum dikaruniai anak, rekan FB saya bercerita bahwa kamu dapat melakukan --> sembelih kambing untuk kamu niatkan agar mendapat momongan. Ohh yaayaa,, dan akhirnya saya dan suami sembelih kambing yang waktu itu pas idhul adha dengan niatan untuk calon bayi yang kami harap segera diamanahkan kepada kami. ALHAMDULILLAH atas ijin ALLAH sebulan setelahnya saya positif hamil ... (ini semua semata-mata bukan untuk ajang pamer tentang kebaikan, tapi saya hanya berbagi pengalaman ya)

4. Hati untuk Riyu,, iya program dari NYFARA FOUNDATION yang ALHAMDULILLAH sukses atas ijn ALLAH bisa pergi ke jepang untuk transplatasi Hati dan kembali ke Indonesia dengan kondisi yang lebih baik. Pernah dengar program itu? mungkin ada yang sudah pernah dengar dan ada yang belum dengar..ini adalah program amal untuk membantu anak-anak yang terkena atresia Bilier. 

Saya mengajak rekan-rekan untuk membantu Riyu yang saati itu akan berangkat ke jepang, tapi butuh dana. Pengen liat bagaimana riyu sekarang ? ada blog tentang riyu yang dibuat oleh ayahnya Rion ayah Riyu

donasi dari hasil ngiter di kantor
saya scan setiap kali donasi itu saya kirimkan, sekali lagi sebagai bentuk pertanggung jawaban atas apa yang mereka percayakan kepada saya, dan bukti ini saya biasanya sebar di FB/kirim ke email masing2 ,,, sedikit atau banyak yang rekan2 berikan, saya rasa ini berarti besar untuk orang lain yang membutuhkan. Cara bersyukur atas kesehatan yang kita dapat, bisa kita salurkan dengan cara seperti ini. ALHAMDULILLAH bukan anak kita/saudara dekat kita yang terkena penyakit seperti ini, namun jangan lupa mereka yang diberikan ALLAH kesempatan untuk menaikkan tingkat iman dengan diberikan sakit adalah juga saudara kita, mari kita berbagi.. Berbagi bikin PLOOONG ,,

Bagi rekan-rekan yang ingin berbagi, bisa ke link Nyfara Foundation atau ke FB Mbak Salma Indria Rahman di Rumah Pohon Activity.

Demikianlah sekelumit cerita tentang berbagi, masih banyak lagi kebaikan yang bisa kita sebarkan. Mungkin tidak berupa uang tunai dari sang Khalik, tapi tabungan energi positif yang nantinya sebagai penyelamat kita ketika ujian itu datang.

Dan nantiny jika saya beruntung dalam lomba ini, maka saya akan belanjakan voucher ini untuk saya bagikan kembali kepada saudara2 saya lainnya yang memang membutuhkan. Semoga ALLAH memberkahi tulisan ini, dan sebagai penyambung rasa untuk rekan-rekan bisa berbagi :)

Teruslah sebarkan virus-virus kebaikan, karena berbagi itu bikin plooong :)



22 comments:

  1. Alhamdulillah. bener banget mba... ada rasa puas setelah berbagi, yang tidak ternilai harganya..

    Salam kenal ya mba.. Terima kasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba',, sama2 salam kenal dari kota gudeg :)

      terimakasih empoenya GA sudah berkunjung :*

      Delete
  2. waaaaa kece abis mbak mashaallah semoga berkah manfaat y mbak wah keren sekali.... semoga kita g pelit y mbak dan mudah berbagi dengan apa yg bisa kita bagi aamiin... soalnya smeua ini titipan dan yg akan kekal yg kita bagi ikhlas karena Allah .... masha allah semoga berkah y mbak salam buat adek"....

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ALLAH masih menginjinkan untuk bisa berbagi ,, yuk mumpung masih diberi kekuatan sehat sama ALLAH ,, :)
      wah dikunjungi fotografer pecinta alam yang kerennn

      Delete
  3. Keren dan inspiring, terakhir krudung ungu bikin seger mata *uhuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamasih mak gembul #eh :* .. hasyeeek,,,ukuran sepatu berapa? wakakaka ...

      Delete
  4. wah keren, salam kenal mbak :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mbak ninda ,,salam kenal jug adari kota jogja :*

      Delete
  5. berbagi kebaikan memang sangat penting yah mba :)

    ReplyDelete
  6. ada kepuasan sendiri setelah berbagi ya

    ReplyDelete
  7. semoga kegiatannya menjadi berkah dunia akhirat ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dhanang,, wah ex-magang siswa di IC nih,, amin,,amin,,amin,, :)
      main jogja lohh

      Delete
  8. Sangat menginspirasi mbak. oiya apa kita pernah ketemu di kopdaran KEB Jogja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. T_T belum mbak ,,, saya belum pernah bisa kopdaran, waktunya belum tepat terus buat saya.. mudah2an lain kali ada kesempatan kita bisa ketemuan ya mbak,, :*

      Delete
  9. masih ketemu keluarga aja harus bersyukur :D

    makasih mbak artikelnya mencerahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betulll banget mbak,, selalu bersyukur mah pokoknya,,, :)

      Delete
  10. Aku suka artikelnya.... bagiku berbagi itu nggak bikin kita jadi miskin. Malah berbagi buat kita makin kaya. Kaya akan sodara baru, kaya akan kasih, dll. Nice sharing :)
    BEAUTY | NONAHITAMPAHIT

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakaish mak putri ,, :) iya berbagi itu nggk bikin MISKIN !! nggak ,, :) semua mah milik ALLAH

      Delete
  11. Emang bener sih, penting berbagi dalam segala hal, susah maupun senang :-)

    Bisnis Waralaba | Dinosaurus tidak pernah ada

    ReplyDelete
  12. bagus bgt tulisanya, sangat menginspurasi mbak

    ReplyDelete

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template