badge

Tuesday, September 1, 2015

ASTAGA !!! Sopan Santun Dalam Berkendara

Minggu (30/08/2015)

Dudududu,, 
naik kereta api,,tut-tut-tut siapa hendak turut ------------ Keretaku tak berhenti lama..
cicak-cicak di dinding diam-diam merayap datang seekor nyamuk,, hap lalu ditangkap ..
Dan,, 

Itulah kegiatan yang kami lakukan dalam mobil ketika perjalanan pulang, 
Sebelumnya perjalanan kami selalu mulai dengan doa bepergian :


Doa Mau Pergi Dari Rumah :

Bismillahi Tawakkaltu ‘Alallaahi Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahi 

Artinya : 
Dengan menyebut nama Allah S.W.T, aku berserah diri dan tiada daya kekuatan kecuali atas kehendak-Mu.


Doa Ketika Naik Kendaraan :

Subhaanal Ladzii Syakhara Lanaa Haadzaa Wa Maa Kunnaa Lahu Muqriniina, Wa Inna Ilaa Rabbinaa Lamunqalibuuna

Artinya :
Maha suci bagi Allah S.W.T  yang telah memudahkan kendaraan ini bagi kami dan tiada kami mempersekutukan-Nya, sesungguhnhya hanya kepada Allah S.W.T  kami akan kembali.

Dan biasanya saya juga sering membaca Ayat Kursi, berharap anak akan mudah menghafal jika hal itu rutin saya lakukan.

Kami saat itu akan pulang dari rumah ibu menuju ke rumah kami, ditengah perjalanan malam, suami memperlambat jalan mobil dan berhenti. Saya tidak merasakan bahwa suami berhenti mendadak loohhh,, karena ada motor yang mau menyeberang dari kanan ke kiri dan satu motor lagi dari kiri ke kanan... 

dan ASTAGA!!!!!...
2 orang wanita berboncengan dengan membawa 1 anak balita,, berhenti tepat di samping suami berkendara sambil mengumpat, marah-marah dan MENGACUNGKAN JARI TENGAH .. Oh My God...

Iya,, saya kasih bold dan warna merah, entah kenapa mereka berlaku semacam itu. Padahal mereka menggunakan kerudung. ampun ya ALLAH, hamba malu. Mereka notabene seorang wanita muslimah yang seharusnya menjaga kehormatan mereka dan mencerminkan seorang wanita yang sholehah. TAPI kenapa mereka berbuat seperti itu.

Entahlah apa yang ada dalam benak mereka, ketika emosi syaitan lah yang merasa senang atas tingkah polah mereka. Santun dalam berkendara sekarang memang sudah sangat berkurang, saling menghormati sesama pengendara sudah mulai pudar. AMPUNNNNN deh ah ,, 

Kemudian saya mulai mencari apa saja sih yang seharusnya kita taati dalam berkendara, mengutip dari salah satu media mengatakan bahwa :
"Kita seharusnya malu karena ternyata pada tahun 1930-an, 85 tahun lalu, dalam buku Panduan bagi Pengendara Sepeda Motor dan Mobil milik Java Motor Club, salah satu klub mobil terbesar di Pulau Jawa, tercantum 15 aturan bagi pengendara sepeda motor dan mobil (di luar kepemilikan SIM tentunya) dalam empat bahasa, yakni bahasa Belanda, Melayu, Jawa, dan Madura" sumber dari sini
Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan :
  1. Ingatlah senantiasa bahwa Anda orang yang beradab (tahu sopan santun)
  2. Jika membelok, lakukanlah pada waktu yang tepat.
  3. Jika berpapasan dengan mobil lain, turunkanlah kecepatan.
  4. Jika ada binatang yang melintas, turunkanlah kecepatan
  5. Jika berkendara di dalam kota, perhatikan kecepatan yang diizinkan (40-50 kilometer per jam).
  6. Jika memberi tanda saat akan membelok atau memutar, pastikan tanda itu terlihat oleh kendaraan lain.
  7. Jika berhenti di pinggir jalan, pastikan posisi mobil dalam keadaan lurus atau rata.
  8. Pastikan Anda memberi tanda dan waktu yang cukup sebelum berhenti, membelok, atau memutar. Jangan melakukannya secara mendadak.
  9. Jangan mengisikan bensin terlalu penuh supaya baunya tidak masuk ke dalam mobil (ini sudah tidak relevan).
  10. Pastikan sopir Anda berlaku pantas dalam berkendara.
  11. Jangan menyusahkan orang atau pengguna jalan lain.
  12. Jangan menghalangi perjalanan orang atau pengguna jalan lain.
  13. Jangan memacu mobil kalau hal itu tidak diperlukan.
  14. Janganlah suka mendahului mobil lain jika tidak ada keperluan untuk melakukan itu.
  15. Jangan sekali-kali berdengki (sakit hati) kepada pengendara lain yang berkendara semaunya sendiri.
Nah loh,, itu sudah aja sejak tahun 1930-an, dan sekarang berkendara itu butuh DOA yang lebih. Gimana nggak?? kita nih udah ati2 dan benar dalam berkendara, namun ada orang lain yang dengan seenaknya nyelonong dan berkendara dengan tidak tepat ataupun tidak mematuhi tata-cara dalam berkendara. Kemudian jika terjadi sesuatu hal dan kita berada tepat di dekat pengendara2 yang tidak bertanggung jawab,, Naudzubillah yah,,

SELAMAT MENJALAN AKTIVITAS KAWAN, SEMOGA KITA SELALU DALAM LINDUNGAN TUHAN

10 comments:

  1. Replies
    1. T_T Iya mak,,miris tingkat akut..terus sekalian deh di pencet tuh klakson mobil ,, huehuehue,, nakal nih suami eike,, udah tau orang emosi,, terus dikasih klakson ,, katanya : "kita udah berhenti, untuk kasih jalan, eh malah mengacunkan jari tengah sambil mengumpat" ,,

      Delete
  2. Ya ampuun ibu2 bisanya begitu bawa balita pulak haduuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak irit #eh mak rahmi,, semoga kita selalu dilindungi ,, amin,, ^_^

      Delete
  3. sabar...dijalan memang kudu banyak stok sabarnya
    btw selamat ulang tahun dyandraaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak echa,, karena banyak kepala, banyak pemikiran , hihihi,, makasih mak,, tapi ultahnya dyandra udah 13 juli kemarin , itu lilypie nya belum update,, T_T

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template