badge

Thursday, March 27, 2014

Giveaway : Berbagi Bersama Juki n Friends


Dongeng,,
Aisshh,, hampir tidak pernah saya dengarkan ketika hendak beranjak tidur disaat kecil dulu. Iya mak,,emak saya ini pekerja ulet, pergi sebelum saya bangun dan pulang ketika senja datang. Emak saya bukanlah seorang dengan pendidikan yang mumpuni, namun dongeng itu mungkin tidak saya dengar dari beliau tapi saya lihat langsung dari figur beliau.

Dulu kami tidak mengenal yang namanya buku cerita, yang majalah seperti BOBO saja, hanya bisa saya tengok ketika maen dirumah tetangga. Hehehehe,, oalah anak kecil ini tidak pernah merasakan membaca buku-buku yang ada gambarnya #muka_melas. Apalagi buku dongeng yang keren macam gambar dibawah ini,, uuhhhh,,, #cium_emak_Tira

Tidak dari orangtua saya, tidak juga dari kakak-kakak saya. Tapi betapa beruntungnya anak kecil ini yang bisa merasakan indahnya dongeng ketika sudah beranjak Sekolah Dasar. Dongeng-dongeng yang lucu, penuh makna dan berkesan dari seorang Pendongeng yang memiliki kemampuan yang ruarrr biasa bisa membangun suasana, yaitu Kak BIMO. Julukannya adalah satria baja hitam. Kak Bimo ini kalau cerita penuh ekspresi, dan ternyata setelah 15tahun kemudian baru bisa menjumpai beliau lagi. Karena diundang oleh salah seorang tetangga yang punya hajatan, dan wuiihh masih muda aja ni Ustad ^_^. 

Itulah mak-emak pengalaman saya tentang menjadi seorang anak kecil yang seneng banget, ketika didongengkan oleh Kak Bimo. Kalau mau tahu lebih dalam tentang kak Bimo ini web nya http://kakbimo.wordpress.com (bukan promosi loh, tapi memamerkan hahahahaha)

Bagaimana jika posisinya sebagai pendongeng? 
Yuk mak simak kisah selanjutnya,, #Cap_cus

Setelah beranjak dewasa, sepertinya saya senang sekali untuk ngomong (bukan ceyewet loh yah, sentil satu2 yang salah nebak xixixi). Namun ini adalah bawaan orok kali yak',, nahloh apa hubungannya dengan judul diatas mpokk?

Gini nih, hubungannya #rangkul_emak_satu-satu .. duduk dulu ya mak, sambil nyambi nih kue donatnya merk Jack'P, maap ya ,, J.Co nya abis jadi tinggal merk Jack'P ahahahah, nambah gak nyambung.

Kenal lewat PPKI (Pekan Produk Kreatif Indonesia), ajang para kreator2 berkumpul. Nah, disitu saya bertemu dengan seorang Srikandi yang punya jiwa ksatria (hedeuuhh emak-emak lebay). Sejak saat itu saya tidak pernah berkomunikasi lagi dengan beliau, hanya lewat FB saja. 3tahun setelahnya kami intens lewat FB. Dan mulailah kami berbagi informasi, lewat Komunitas Rumah Pohon yang digawangi oleh seorang srikandi Salma Indria Rahman

Berbagi bersama Juki n Friends, ini adalah boneka jari yang dibuat dari kain flanel. Kebetulan sekali waktu itu akan memperingati Hari Anak Nasional tgl 23 Juli 2011. Akhirnya kerjasama yang apik antara Rumah Pohon dan SAPA (Sahabat Anak Perempuan dan Keluarga) yang menghasilkan event untuk berbagi cerita dengan krucil-krucil (anak2 pendengar dongeng).

Akhirnya saya sebagai perwakilan Komunitas Rumah Pohon di Jogja, berlaku sebagai pendongeng dengan modal Boneka Juki n Friends berbagi bersama krucil yang sakit di Rumah Sakit JIH. Biar nggak dibilang Hoax, saya suguhkan bukti-bukti dokumen yang ada hohohoho... 

Juki n Friends



Saya sedang Mendongeng

Foto saya nampang di Kalender SAPA

Ahay,,saya masuk berita


Mendongeng, mari kita mendongeng man teman, mak emak.

Sebagai orang yang suka mendengarkan dongeng, pengaruhnya :
  • Bisa mempengaruhi mental untuk bisa menjadi tokoh baik dalam karakter dongeng
  • Membuat daya imajinasi semakin berkembang 
  • Mampu mengolah emosi
  • Semacam relaksasi untuk bisa tertegun, terheran, bersorak, sedih dan tertawa lepas
  • Menambah keinginan untuk suka membaca buku 
  • Dan jika ini dilakukan oleh orangtua terhadap anak, pastinya akan menjalin rasa kedekatan 

Sebagai seorang pendongeng, rasanya :
  • Bahagia, senang bisa berbagi 
  • Melatih jiwa raga kita untuk bisa menjadi karakter yang pas untuk tokoh dongeng
  • Memperkaya daya imajinasi kita
  • Semakin dekat deh dengan anak2 kita 
  • Dan lain-lainnya silakan diisi ya mak,, hihihi
Senangnya bisa mendengarkan dongeng dan menjadi pendongeng ,, dulu saya tidak dapat itu dari orangtua, tapi sekarang akan saya buktikan ke putri kecil saya bahwa emaknya ini juga bisa bercerita. 

Moral baik/buruk bisa kita contohkan dalam bentuk dongeng, rasa sosial, tenggang rasa, berbagi, mengenalkan rasa emosi, mengenalkan berbagai macam binatang, benda dan apa-apa yang kita lihat semua bisa lewat DONGENG. 
Salam Mendongeng !

Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Semua Tentang Dongeng Anak

17 comments:

  1. Salam kenalMbak Ari...

    Tulisannya bagus...
    Btw, back linknya kayaknya gak nuju ke yang punya GA deh mbak...coba deh periksa....hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunjung blog ku juga ya...
      www.putrimadona.com
      :-)

      Delete
    2. salam kenal mbak Dhona ,, ^_^
      Aow,, hedeuh,, emak ini kegesa2 nggak ngecek,, makasih mak infonya,, siap berkunjung ,, tunggu saya di depan pintu yak ,, hihihi

      Delete
  2. gimana ceritanya masuk koran mak hihi...OOT

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,, pelu emak tanti
      Karena pas HAN (Hari Anak Nasional) dan punggawa SAPA (Sahabat Anak Perempuan dan Keluarga) ini sering bikin acara dan jadi deh press release untuk dimuat diberita koran. Ada 2 koran sih, cuma satunya nggak ada foto saya (hahaha jadi diumpetin).
      Selain dikoran saya juga sering masuk TV loh (pamer) hahaha..
      makasih kunjungannya mak (suguhin donat)

      Delete
  3. aduh salut deh yg suka mendongeng, salam mendongeng ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, elap2 meja karena Empoenya acara datang ..
      Makasih mak tira, saya kagum sama mak tira yang banyak sekali mengispirasi para buk-ibuk ini untuk membudayakan mendongen ,, kecup mak tira

      Delete
    2. Selamat mak Puji, mak menang GA nya mendapatkan satu paket buku yg terdiri dari satu buku kumpulan dongeng anak karangan saya dan buku cerita anak dari penerbit Mizan, selamat ya mak, tolong nama dan alamat lengkap dan no hp dikirim ke inbox FB Hastira Soekardi atau lwt email hastira@gmail.com

      Delete
    3. Alhamdulillah ,, wah,, (jingkrak2) makasih mak. Dan baru baca, karena kemaren (sok) sibuk,, hehehehe.. kecup2 buat mak Tira Soekardi. Langsung kirim email :*

      Delete
  4. dengan mendongeng banyak manfaatnya untuk anak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak lidya, saya juga banyak belajar dari blog mak lidya. Bagaimana anak2 bisa suka membaca, mak lidya ini juga salah satu blog diperpustakaan maya saya. Karena banyak sekali pembelajaran parenting.
      Semoga bisa bertemu langsung dengan mak lidya (pengen.com)

      Delete
  5. keren euy... mendongeng bukan hanya utk anak sendiri, tapi juga utk org lain. Semangat terus ya mak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #muka_merah ,, malu sama mak santi. Iya mak, semangat berbagi. dan Semangat Mendongeng ^_^

      Delete
  6. Ada beritanya dan bukan HOAX tu mba ari, sejarah membutktikan dan semoga tahiun 2014 ini bisa kembali dilaksankan di RSUD Panembahan Senopati Bantul, gimana????
    http://sapakita.org/han-2011/

    ReplyDelete
  7. wah,, empoenya SAPA datang menyapa ,,, hasyeek, Boleh mas, boleh banget dan semoga waktunya free dari kantor ,,, ^_^

    ReplyDelete
  8. ihik..keren tuh..anakku bbrp kalil minta dibeliin boneka tangan itu untuk ndongeng, tapi emaknya ini masih juga blm sempat membelikan karena kesoksibukannya.. baca ini jd inget punya utang sama ara..sukses GAnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh kasian nyonyah kecil, beli online aja atuh nyah. Temenku ada yang jual boneka flanel macam itu cek ada di fbnya : miambokeadia (hahaha malah iklan punya temen) ,, terimakasih Nyah ^ ^

      Delete

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template