badge

Saturday, May 4, 2013

Tanda Tanya Sukses Berbeda Bentuk

Apa yang kadang terfikir dengan sukses adalah mapan, kaya atau hidup dengan damai dan nyaman. Pemahaman sukses ternyata memang berbeda, setelah berkunjung ke blog mbak Evi yang memberikan Inspirasi mempu mengutak-utik pemahaman sehingga kita harus bertanya kembali kediri kita.

Apa itu sukses? // Sukses? // Apakah sukses? // Sukses kah? //Sudahkah sukses? // Mampukah sukses? // Siapkah sukses? // ............ Sukses?? // ................................
Masih banyak sekali tanda tanya tentang sukses, yang memang ternyata berbeda bentuk dan pemahamannya.

Tertarik untuk menjadikan postingan mbak Evi "Aturan Sukses Berbeda Pada Setiap Orang" . Ya saya sangat setuju tentang apa yang dipaparkan oleh Mbak Evi. 
Sebelumnya saya pernah mencoba menilik dari fikiran saya tentang sukses di blog ini, berbeda ungkapan namun saya rasa ini sama tujuannya. 
Saya kutip sedikit mengenai postingan saya "Being Happy" 

Pernah mengira bahagia itu milik orang yang memiliki keluarga yang berhasil, hanya untuk orang orang dewasa yang memiliki kehidupan yang layak dan berada, atau hanya milik baby yang lahir dengan suci, anak kecil yang lari tanpa beban, menangis tanpa merasa perih. Mungkin pernah berfikir kebahagiaan itu ketika kita mendapat sebuah prestasi kemudian disanjung, mendapat perhatian lebih, lulus dengan predikat cumlaude, kemudian mendapat pekerjaan dengan gaji besar, mendapat pasangan yang ideal, menikah yang diiringi memiliki rumah mewah serta dilengkapi dengan mobil, setiap hari makananan tersedia plus dilayani pembantu yang siap diberi perintah. Cerita berlanjut setelah setahun menikah dikarunia seorang anak sehat, lucu dan seterusnya hingga dalam masa lanjut usia kita tetap tidak mengalami kekurangan uang.
Yah, itulah yang sempat terdampar difikiran saya tentang apa itu bahagia dan sukses. Namun setelah melakukan diving di blog mbak evi tentang sukses :

- Kepala boleh sama hitam tapi aturan sukses bisa berbeda
Ternyata memang benar, aturan sukses tiap orang itu berbeda.
Seperti sistem spritualitas barat dan timur yang menekankan konsep sukses secara batiniah. Sementara guru-guru spritual berangkat dari pemahaman agama yang mereka anut. Sukses dikaitkan antara keseimbangan hidup di dunia maupun  akhirat. Entrepreneurs mengaitkan sukses dengan prestasi perusahaan mereka.
Angkat tangan dan menyatakan "I Agree, Mom". Karena setiap kepala manusia memiliki volume otak yang berbeda, jaringan sel otak yang kemungkinan tidak sama persis. Begitu juga hati manusia, susah ditebak, memiliki cipta, rasa dan karsa yang berbeda.
Maka pertanyaan tentang sukses dan jawaban sukses jika di berikan kesetiap orang pasti mereka kan punya opini yang berbeda.
  • Sukses itu adalah memiliki harta yang berlimpah
  • Sukses itu saya lulus dengan predcate cumlaude
  • Sukses itu anak saya jadi anggota militer
  • Sukses itu pernikahan mewah
  • Sukses itu hidup sederhana, sehat
  • Sukses itu bathiniyah, antara kita dengan Sang Pencipta
  • Sukses itu punya keluarga bahagia lahir dan batin
  • Sukse itu ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, 
Saya kira akan lebih dari 2Juta atau 3Juta jawaban yang berbeda.


Baiklah,, secara detail sukses itu menurut saya :
Sukses itu antara ratio keinginan dengan realitas kecapaian hampir 100%. Sukses itu puas terhadap apa yang telah kita capai. Sukses itu sederhana, yaitu selalu bersyukur. Sukses itu bisa membuat sekitar tersenyum dan bahagia. Sukses itu tentang mengubah mindset.









Sukses itu hak buat semua orang, pilih suksesmu Kawan

4 comments:

  1. Menurutku kita sudah bisa disebut sukses jika hasrat terdalam kita, yaitu berupa kebahagiaan yang lembut namun pasti, telah bersarang di dada...Begitu lah begitu banyak definisi sukses, arti sukses dan makna sukses. Tiap orang mengambil sejumput yang mendekati keinginan batinnya :)

    Terima kasih sudar turut serta Mbak Ari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebahagiaan lembut namun pasti, iya benar mbak. Kebahagiaan adalah kesuksesan, kebahagiaan yang hakiki adalah rasa bersyukur kepada Sang Khalik atas segala nikmat yang telah DIA berikan untuk makhluknya :)

      Delete
  2. Sukses itu menurut saya mensykuri apapun yang Tuhan beri mbak.. Dengan bersyukur hati kita akan tenang dan gak begitu terbebani dengan hal-hal membumbung ke langit yang dimiliki orang lain.

    Ojo sawang sinawang mungkin itu istilah Jawa-nya

    terima kasih sudah turut menyemarakkan GA mbak Evi.. sudah tercatat sebagai peserta ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas Akbar, bersyukur itu adalah kuncinya. Syukur itu akan memendam rasa egois kita.
      Wang sinawang - seperti melihat dari luar tapi tidak menilik dari dalam :)
      Semoga tulisan saya dilirik oleh sang empoenya GA ^_^

      Delete

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template