badge

Thursday, January 19, 2017

Masih Awal Tahun 2017 - Rasa Syukur




Anggap saja ini masih di awal tahun 2017
Meskipun sudah pertengahan bulan Januari 2017, namun ini merupakan bulan di awal tahun 2017.

Resolusi tahun 2017?
Tahun ini saya tidak ada resolusi khusus. Karena apa? ya karena memang belum buat sih,, 😜😜
Namun saya punya sedikit coret-coretan seperti mind map gitu,, tapi ya agak belum jelas dan detail. 

Ya apapun itu, yang patut saya syukuri adalah setiap tahun ALLAH selalu melimpahkan keberkan dan kesehatan untuk saya dan keluarga. Kalau mau dilist apa saja yang patut disyukuri itu ya pasti banyak, banget banget banget... 

Coba kita mulai dari Alhamdulillah saya (pagi ini) :
  1. setiap pagi masih diberikan udara untuk bernafas
  2. bangun pagi mata saya masih bisa melihat
  3. ketika membuka mata, tangan, kaki, seluruh anggota tubuh saya masih utuh
  4. tangan saya masih bisa sinkron dengan perintah otak
  5. kaki saya masih bisa melangkah
  6. kulit saya masih bisa meraba dan merasakan sekitar
  7. ketika saya berkaca, mata, hidung, mulut, gigi, telinga saya masih pada tempatnya tidak pindah2 (bayangkan jikga setiap hari mata/gigi/mulut.hidung dll berotasi,, Naudzubillah)
  8. disamping saya, anak-anak yang tertidur lelap
  9. suami juga masih berada dirumah dan tidur dengan nyenyak
  10. rumah juga masih utuh
  11. masih bisa mencium aroma pagi anak-anak
  12. masih bisa menanak nasi
  13. masih bisa masak sayur
  14. masih bisa minum
  15. masih bisa mandi dengan nyaman
  16. masih bisa pakai baju yang layak
  17. tenggorokan tidak merasa sakit
  18. kepala nggak nyut2an
  19. alergi karena kosmetik saya sudah sembuh
  20. bisa sarapan bareng suami
  21. bisa beli papmpers anak
  22. bisa bikinin susu anak
  23. bisa nyiapin baju dan perlengkapan mandi anak
  24. bisa nganter anak bareng suami
  25. mobil nggak ngadat
  26. perjalanan lancar tidak ada aral melintang
  27. masih punya tempat untuk mencari nafkah
  28. masuk kantor telat, dipotong gaji - tapi masih alhamdulillah nggak banyak
  29. ada pekerjaan dikantor yang harus selesai pada hari yang sama dan di list lebih dari 10 item (alhamdulillah masih diberi amanah untuk mengerjakan)
  30. alhamdulillah tadi coffe break jam 10.00 makan bakso
  31. alhamdulillah sekarang masih bisa ngeblog... 
  32. dan lain lain lain lain lain,, yang nanti setelah tulisan ini kelar banyak yang bisa disyukuri
Fabiayyi ala Irobbikuma Tukadziban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?)
Dalam surat Ar-Rahman kalimat diatas berulang sampai 31 kali. Ar-Rahman artinya adalah pemurah, ALLAH memberikan kenikmatan yang tidak terhingga baik di dunia maupun di akhirat. 

Siapa yang bisa menyangkal bahwa TUHAN itu MAHA pengasih lagi MAHA penyanyang? Ketika kita sudah mentok terhadap permasalahan dan kita bermunajat kepada yang MAHA pencipta, dan doa kita terkabul.. MasyALLAH rasanya malu juga, karena TUHAN tau apa-apa yang telah kita kerjakan. Sekecil atau sebesar apapun dosa kita, kita tetap diberi kehidupan. 

Sikap syukur ini harus di tetapkan dalam setiap perjalanan hidup, ada yang bilang itu mah TEORI. Nuhun yak,, emang itu semua teori, tapi kan bisa diterapkan. Katanya kan ngomong dan kasih saran itu lebih mudah daripada menjalani. Nuhun pisan, iya ketika kita dinasehati tentang rasa syukur itu, kayak digurui dan kita menggurutu (lah kamu nggak ngerasain penderitaan ku sih, nasehatin aja gampang). ya gimana ya,, kalau kita nggak jalanin dengan kesadaran bahwa hidup kita sudah dijamin oleh TUHAN mah agak susah. 

Dijamin disini adalah jaminan siapapun yang berbuat kebaikan walaupun itu hanya sebesar biji zarrah/biji sawi itu akan tetap mendapat balasan dan begitu pula sebaliknya. Mungkin balasan itu tidak ditujukan didunia, namun kan ada kehidupan yang lebih kekal lagi yaitu Akhirat. Konsep surga dan neraka itu adalah gambaran bagaimana TUHAN akan memberikan tempat layak sesuai dengan amal ibadah hamba-NYA. 

Mumpung masih di awal tahun bulan Januari 2017, saya ingin sekali bisa lebih giat beribadah, entah itu hal-hal kecil seperti tersenyum atau hal-hal sunnah lainnya (lainnya itu apa? kasih contoh yang kongkrit DONK 😎) Oke,, contohnya nih :
  • pungut sampah yang kita lihat
  • ketika ada misal x-banner yang jatuh ya kita dengan senang hati memperbaiki
  • kalau ada tetangga yang membutuhkan bantuan yang kita bisa bantu sesuai kemampuan ya ayuk lah kita bantu
  • ada saudara/teman/tetangga sakit, nengokin
  • ada yang meninggal, melawat
  • saudara yang benar-benar membutuhkan pinjaman uang, kalau kita punya ya kita bagi 😊
  • dll pasti banyak
Semua kebaikan tidak ada yang sia-sia, itu adalah tabungan energi positif. Kapan tabungan positif itu akan bisa diambil? kapan saja ALLAH kasih ijin, tabungan itu akan bisa cair. 😍😍😍😍


Ya kita semua disini cuma saling mengingatkan,, semoga tulisan ini punya nilai manfaat entah sedikit ataupun banyak dan mudah2an saja bisa menjadi tabungan energi. 



5 comments:

  1. suka dengan postingan ini. Soal menabung energi positif bikin makjleb saya mbak. Iya bener juga ya, semua kebaikan gak bakal sia2. Ok cuss lah saya mulai nabung energi positif. TFS ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi,,
      iya mbak,,saya juga mengingatkan untuk diri saya sendiri ^_^
      sami2 mbak,,

      Delete
  2. Replies
    1. terimakasih mbak suci,,
      Semoga kita selalu dalam lindungan ALLAH SWT :-*

      Delete

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template