badge

Monday, October 2, 2017

Batik Warisan Indonesia




Batik,,
Warisan budaya yang tak pernah hilang dari peradaban. Kala itu batik adalah jogja, dan jogja adalah batik. Batik yang keberadaanya sudah diakui dunia,,DUNIA ya, bukan hanya lokalan saja. Berapa banyak batik yang kalian miliki?

Batik adalah cerminan budaya agung yang tidak dimiliki Negara manapun. Bangga menggunakan batik harusnya memang sudah ada dalam hati kita, kalau bukan kita yang mewarisi terus siapa lagi? Negara tetangga? 


Apa itu Batik?

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Menurut Etimologi (cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal usul suatu kata), Batik berasal dari bahasa Jawa yaitu "amba" dan "tik" yang amba yang berarti menulis dan titik/matik (kata kerja, membuat titik) yang kemudian berkembang menjadi istilah "batik". 

Jadi ternyata proses dari sebuah kain putih untuk disebut batik itu panjang ya.. Pada masa lampau seni membatik ini dimiliki oleh para perempuan Jawa, dan merupakan mata pencaharian mereka. Membatik adalah pekerjaan eksklusif untuk para perempuan jawa hingga akhirnya muncul "Batik Cap". 

Apa saja teknik pembuatan Batik ?

  • Batik Tulis
    Adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan . Proses seperti ini bisa dikerjakan 2-3 bulan
  • Batik Cap
    Adalah kain yang dihias dengan tekstrure dan corak batik yang dibentuk menggunakan cap (biasanya terbuat dari tembaga)
  • Batik Lukis
    Dimana proses pembuatannya langsung dilakukan dengan melukis diatas kain putih.

Saya punya batik dengan teknik apa ya? Batik tulis tentu harganya tak semurah batik cap konveksi,, tapi dengan cara inilah berarti kita bisa menghargai budaya warisan. Sekarang memang banyak sekali yang dicap dengan label "baju/kain batik", Kita sudah selfie dengan kain batik cap yang konveksi dan kasih caption "Aku bangga budaya Indonesia, mari berbatik". Oke,, kita tau itu prosesnya seperti apa? (ya jelas kita tidak tau, kalau kita tidak membeli langsung ke produsen). Maksud saya disini adalah apa betul itu diproduksi di Indonesia, jangan-jangan itu produksi nya di China lagi. 

Batik waktu dulu, selembar kain bisa digadaikan, itu batik asli-batik tulis. Betapa dulu batik itu senilai emas,,berharga banget kan? 

Ada tetangga yang memang usianya udah sepuh (diatas 60 tahun), cerita kalau dulu mau pinjam uang ke orang yang lebih mampu itu susah. Nggak seperti sekarang, malah nggak mau utang aja ditawar-tawarin dengan mudahnya pengajuan. Kalau dulu harus munduk-munduk (sopan sesopan sopannya, bener-bener tunduk gitu). Ternyata beliau untuk menyekolahkan anakanya dulu pinjam uang dengan jaminan "BATIK". It's real,, jadi BATIK itu emang beneran sangat berharga (I Mean yang BATIK asli dengan gambaran saya sebelumnya).

Motif-motif batik

  • Motif Batik Ceplokan
    • Motif batik ini terinspirasi dari buah kawung/buah aren yang terbelah menjadi 4 bagian. Dalam agama budha ada lambang 4 arah penjur utama itu keempat bagian buah terbelah bersama intinya. Dalam varian batik ceplokan ini merupakan pengulangan dari beberaoa bentuk ragam hias seperti geometri, segi empat, empat persegi panjang, bulat seperti telur maupun bintang.

  • Motif Batik Parang Kusumo
    • Ternyata batik tidak hanya sekedar motif dan teknik, namun didalamnya tersirat doa dan harapan dalam setiap goresan motifnya. Motif Parang Kusumo, Kusumo artinya bunga. Maknanya bagi orang jawa, seseorang dalam kehidupan didunia ini harus meninggalkan nama harum (nama baik). Kehidupan sehari-hari yang dipenuhi dengan norma-norma kebaikan yang memiliki unggah-ungguh (sopan-santun) agar terhindar dari bencana secara lahir maupun batin. Meski sulit untuk bisa direalisasikan, paling tidak doa dan harapan itu adalah pengingat kita untuk berperilaku sebagai manusia yang beradab.

  • Motif Batik Cirebon Mega Mendung
    • Motif ini heits di tahun 2015-2016, corak perpaduan dengan khas china yaitu awan mega mendung. Namun perbedaanya terletak pada lancip (ketajaman) di bagian garis awannya yang berbentuk lonjong. Selain corak yang cacthy dan warna-warninya, motif mega mendung ini memiliki filosofi dan sarat akan makna religi. Simbol garis-garis pada awannya merupakan simbol kehidupan manusia dari sejak lahir, anak-anak, remaja, dewasa hingga menemui ajalnya (dalam hal ini kematian). Selain bentuk kebesaran sang Ilahi, batik ini juga memiliki makna bentuk kepemimpinan yang mengayomi dan lambang keluasan dan kesuburan.


Dan masih banyak lainnya,, saking banyaknya 😍

So,, selamat hari batik Nasional 2 Oktober 2017





2 comments:

  1. Tadinya saya suka malas pakai batik. Tpai sekarang banyak yang bagus. Malah jadinya mulai beli, deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak chi,, dulunya aneh ya sama batik kayak mau kondangan, sekarang mahjadi seperti pakaian wajib dipunya,,dan koleksi semakin bertambah ^_^

      Delete

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template