badge

Tuesday, June 21, 2016

Belajar Warna dan Bentuk Ditemani si Boci

Hi Teknologi,, 
Seperti pisau, kalau salah cara pakainya ya berdarah-darah hasilnya. Namun kalau pakainya sesuai pasti banyak manfaatnya. Nah, gadget seperti smartphone adalah salah satu dari hasil teknologi. Apabila kita bisa memanfaatkan dengan bijak, so pasti akan ada hasil positif yang mengiringinya. Namun hati-hati jika salah dalam penggunaan dan tanpa pengawasan emmm siap-siap anak kita belok arah..Naudzubillah ya mom..

Sekarang banyak kan game-game yang sepertinya lucu namun kok endingnya bikin ngilu,,
Pernah rekan kerja bercerita tentang keponakannya yang hobi maen game OL di HP, terus nih pas temen ngelihat dan bertanya :
T : Temen
K : Keponakan Temen (usia 5 tahun)
Dialog dimulai ::
T : Dek, baru maen apa?
K : Ini tante,,game xxx bagus loh tan..
T : Gimana cara mainnya?
K : Jadi nanti kalo adek menang gamenya, adek bisa dapat cewek cantik terus bajunya bisa ganti-ganti ceweknya, terus bisa ajak kencan ceweknya (apaaaa anak umur segini udah tau kencan???)
T : Adekkk nggak boleh main ini. Ini game buat anak besar,, (sknrjasdfafnasiufjaksfdasdnfanasf -- ungakapan perasaan temen saya ketika lihat game dan pernyataan keponakannya)

Dan parahnya ibunya nggak tau jenis game apa yang sering dimainin oleh anaknya, yang penting anaknya anteng. WHAT?

Nahlohh,, warning nih buat para orang tua,, yang pengennya sih anaknya anteng gitu kalau dikasih smartphone. Tapiii harus loh diawasi, kan sekarang ini mudah banget banget berselancar di dunia maya tanpa batas.

Cup cup cup,, tenang mom, masih ada kok orang-orang yang peduli terhadap anak-anak dalam hal per-game an ini. Salah satunya dari tim Rolling Glory, Developer Lokal dari bandung. 

Nah, salah satu yang sudah saya coba adalah "BOCI PLAY WARNA AJAIB" mak-emak bisa langsung download melalui AppStore atau Googleplay. Dengan permainanan ini saya bisa mendampingi dan memperkenalkan warna dengan cara yang fun. 

1. Search Bocil
2. Klik Dapatkan/Get

3. Proses Download Game Boci
4. Buka Aplikasi



5. Tampilan Depan Game Boci Play Warna Ajaib

6. Bisa melakukan pilih kategori
Bentuk permainan adalah bisa memilih kategori yang diinginkan :
  • Bentuk, 
  • Hewan, 
  • Mainan, 
  • Pakaian, 
  • Perabotan dan 
  • Transportasi. 
Masukkan bentuk yang diinginkan ke topi dan pilih warna ke topi

 

Setelah di masukkan ke topi --> tekan topi dan Abracadabra

Nah, selain bikin anak kita anteng plus nya adalah bisa sambil edukasi pengenalan warna dan bentuk. Karena ada voicenya, misal kita masukkan kotak dan kita pilih warna biru kemudian : "Abracadabra, kamu berhasil membuat kotak biru"

Kemarin pas coba aplikasinya agak bingung juga, setalah kita masukkan bentuk dan warna ke topi diatasnya muncul tanda silang dan kita kira itu salah tebakannya,,,eeeh memang ya habit saya kalau ada aplikasi langsung aja pake,, padahal kan ada menu petunjuknya,, wkwkwkw Ternyata setelah dipilih dan kita tinggal klik topi sulapnya lagi,,voila mudahkan. 

Game ini dual bahasa, bisa bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jadi dalam game ini ada beberapa manfaat yang bisa kita dapat :
  • Memperkenalkan bentuk
  • Memperkenalkan warna
  • Mengasah motorik halus anak (anak harus melakukan touch dan geser item untuk dimasukkan ke topi)
  • Memperkenalkan bahasa inggris karena ada versi bahasa Inggris
Game ini cocok untuk usia 2-4 Tahun, pas banget buat my curly princess Dyandra. Namun untuk di AppStore masih belum banyak pilihan gamenya, semoga kedepannya makin variatif lagi ya game yang dibuat.
Masih banyak permainan lainnya mak,, bisa coba dilihat di http://petualanganboci.com/apps
Mau tau lebih lanjut bagaimana si Boci ini beraksi bisa cuss ke www.petualanganboci.com

Penting ya mak-emak untuk tetap mendampingi dan mengawasi anak-anak kita selagi main game. Be Smart Parents :) 

8 comments:

  1. Serem ya anak 5 tahun main game yang 'bahaya' gitu. Huhu. Waaaah aku baru tau nih Boci ada di appstore juga yaaaa.Ntar download aaaah, makasi infonya Maaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak,,
      iya kita nih orangtua adalah filter number 1 buat anak kita. Semoga game edukasi ini menambah wacana kita sebagai oragtua

      Delete
  2. Beneerrr.. penting banget untuk tetap mendampingi dan mengawasi anak2 kita di jaman teknologi yang makin maju gini ya mbaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,, pengenn deh seperti mak isti yang bisa montessori dirumah,, ngepenss sama emak :*

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template