badge

Wednesday, March 13, 2013

Kaki Bengkak (25W)

"Duh,, pijitin donk yah", pinta saya ketika malam menjelang..

25W hampir 6Months kehamilan saya #PelukSuami# hehehe,, alhamdulillah sudah hampir melewati Tri Semester ke-2. Tiap malam keluhan itu selalu saya sampaikan ke suami, bukan ngeluh sih, cuman ngomong aja.. xixixixi sama aja kaleee,,,, 

Tiap malam kaki ini terasa ngilu dan harus-wajib-kudu untuk di pijitin sama suami, tapi liat2 kondisi suami juga sih. Soalnya nih kasihan kan ya',, kita2 sama2 kerja dan tuh Suami kerjanya harus naik ke lantai 4 (tangga manual) dan kudu bolak-balik ~ naik-turun tangga yang hampir rata2 4 kali naik dan 4 kali turun bahkan lebih, karena kudu ngajar dan nguji di ruang dan gedung yang berbeda (nah loh kebayang kan, ke'mana pegel tuh kaki suami) :D . Ditambah lagi tiap hari nyopir brum,,brum hehehe,, #KecupSuami.

Ketika menginjak usia hampir 24W ni kaki agak bengkak seperti KakiGajah kalo orang jawa bilang "tawaren". Sepatu ini sudah terasa sesak, tapi nggak / belum niat untuk beli yang baru #tanggalTua hehehe... Banyak orang komentar ini disebabkan karena "Kelebihan Garam" ,, ohh nooo,,, jadi kudu ngurangin yang namanya "asin2. Yu'a, saatnya menuruti apa kata yang lebih berpengalaman. Nih contoh kaki bengkak saat hamil (look down).

diambil dari situs http://balitastore.com
Adakah yang mengalami seperti ini ketika hamil?

Tapi kata 'Mak Inem-yang bantuin dirumah', kalau orang hamil biasa seperti itu - nanti kalau sudah lahir hilang sendiri. Nahloh gemana nih? 
Alhamdulillah dapat info dari rekan (read:diah) yang hamil juga dan sudah berkonsultasi dengan dokter Mujayanah, katanya diminta untuk di rendam kakinya dengan : Air hangat + garam. After I did it,, Trust me - it's work,, hehehe (ngiklan). Beneran deh tuh kaki bengkak berangsur mengempis. 

Setelah browsing sana-sini, ada beberapa tips yang cucok dan mudah2an bermanfaat - ini dia "TIPS MENGATASI KAKI BENGKAK SAAT HAMIL :
Tips Pertama:
Rajinlah meminum air rebusan (pertama) kacang hijau pada pagi dan sore.
Diamkan air rebusan tersebut hingga hangat-hangat kuku, kemudian minumlah tanpa dicampur apa pun.
Tips Kedua:
Jalan santai di pagi hari (minimal 30 menit) tanpa menggunakan alas kaki sangat berguna untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Pijatan secara langsung saat berjalan di pagi hari akan sangat membantu melancarkan peredaran darah, terutama pada bagian kaki.
 Tips Ketiga:
Minum lebih banyak air putih. Mengkonsumsi lebih banyak air putih dapat membantu mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.
Tips Keempat:
Kurangi mengkonsumsi garam. Jika Anda tidak ingin pembengkakan pada kaki Anda terus berlanjut, kurangilah mengkonsumsi garam.
Tips Kelima:

Hindari berdiri terlalu lama. Menghindari berdiri terlalu lama, dapat membantu menghindari kaki bengkak.
Tips Keenam:
Hindari menggunakan sepatu bertumit tinggi. Sebaiknya ibu hamil menghindari sepatu bertumit tinggi, selain bisa membahayakan keselamatan Anda, seperti terpeleset. Terlalu sering menggunkan sepatu bertumit tinggi juga memicu kaki bengkak pada ibu hamil.
Tips Ketujuh:
Mengolesi kaki dengan menggunakan ramuan beras dan kencur yang ditumbuk halus juga bisa membantu mengatasi kaki bengkak.
Tips Kedelapan:
Jika terjadi pembengkakan, pijatlah kali Anda secara perlahan-lahan menggunakan baby oil atau baby lotion. Mintalah bantuan pada keluarga atau teman jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri.
Tips Kesembilan:
Jika Anda merasa kelelahan, rendamlah kaki ke dalam air hangat yang diberi garam dan jeruk. Rendamlah kaki selama 10-15 menit.
Tips Kesepuluh:
Setiap menjelang tidur, jangan lupa untuk menggerakan pergelangan kaki 3-9 putaran, baik ke kiri maupun ke kanan. Gerakan kaki secara perlahan dan hati-hati agar kaki Anda tidak terkilir atau cidera. Aktifitas ini akan sangat membantu untuk merilekskan kaki Anda.
Tips Kesebelas:
Saat tidur, usahakan menyangga kaki lebih tinggi dari kepala. Anda bisa mengganjal kaki dengan 2-3 tumpukan bantal. Hal ini dapat membantu melancarkan peredaran darah pada kaki Anda.
Tips Kedua Belas:
Jika Anda mengalami pembengkakan yang serius, kompres kedua kaki menggunakan air dingin. Caranya, celupkan handuk ke dalam air dingin, lalu peras. Bebatkan handuk dingin pada kedua betis Anda.
Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat.
yang paling enak nih, dipijitin ama suami,, xixixixi ,, berasa sayangnya mengalir sampai ke Dede' dalam perut.. Percaya deh ^_^ kayak gini nih (look down) 
Mesra kan? beuuuhhh,, rasanya seperti di surga kayak pernah ngerasain aje Surga ~_~ .. Pokoknya selamat mencoba dah,, semoga bermanfaat ^_^

"Hamil itu Anugerah yang tidak akan pernah pudar dalam ingatan, Malaikat pun selalu berdzikir untuk kita yang sedang Hamil. Happy Pregnancy Mom"
 
Suami~Istri


13 comments:

  1. hati hati pre eklampsia...gejalanya kadang kaki bengkak juga....
    Ibunya Dija dulu kakinya juga bengkak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih M.Elsa ,, sudah berkunjung ke blog saya ^_^ ,, nggak nyangka ,, yg biasanya saya ngendon di blog m.elsa,, eeee,, m.elsa jenguk ke blog saya.. Alhamdulillah seneng ..

      Ya Allah ,, semoga tidak terjadi pada saya, saya akan tanyakan segera ke Dokter mbak. Terimakasih infonya, tadi saya langsung browsing apa itu pre eklampsia ..

      Delete
  2. jadi ingat temenku, kakinya bengkak spt mba, ikuti saran dokter mba..semoga tetap sehat dan lancar kelahirannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika bengkak, saran dari dokter gmn? Amin,, makasih doanya,, semoga lancar sampai kelahiran :)

      Delete
  3. Semoga lancar kelahirannya, yang terpenting terus konsumsi makanan sehat ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak helda ,, amin,,, iya,, harus konsumsi makanan dijaga ni,, #DoakanSelalu

      Delete
  4. sy gak pernah ngalamin kaki bengkak selama hamil. Tp sebaiknya konsultasi ke dokter juga. Bener kata mbak Elsa, hati2 thd pre eklampsia. Semoga sehat2 aja, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak keke,, kmrn langsung browsing apa itu pra-eklampsia ,, semoga saja tidak separah itu *_* ,, iya hari ini saatnya ko dokter,,makasih doanya,, mak2,,

      Delete
  5. alhamdulillah....semoga lahir dengan selamat, bayi juga ibunya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,, amin,, amin ya Rabb.. terimakasih doanya m.irma :)

      Delete
  6. wahhh aku banget tuh, tapi anak pertama yang kedua tetep langsing, hehe...
    Saking bengkaknya sampai harus beli sepatu sama sendal baru... soalnya ukurannya jadi nambah...
    Tapi waktu itu karena aku pre-eklampsia sih... jadi diapa2in juga gak akan bisa berkurang bengkaknya...
    Tapi ibu dengan pre-eklampsia pun harus mengurangi garam dan makanan yang menandung natrium tinggi lainnya... karena berpengaruh ke tekanan dara...

    Tetep sehat ya, Mom... Smoga lancar sampai hari kelahiran... Amin
    Salam kenalll.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouhh,, kena pre-eklampsia ya Mom, kmrn kata dokter sih aman, tidak ada ke arah situ. Kata dokter itu karena menopang badang yg tambah berat dan aliran darah kurang lancar. Makasih doanya Mom, semoga bunda dan dekbaynya sehat terus ^_^ terimakasih sudah berkunjung ,,

      Delete

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template