badge

Friday, November 18, 2016

Cara Optimalkan Perkembangan Otak Untuk Dukung Kecerdasan Anak



Tanggal 15 Oktober 2016, saya berkesempatan untuk ikutan seminar dengan tema "Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini" bersama Morinaga. Acara ini dilaksanakan di Hotel Alana, Jogjakarta. Sepertinya ini acara tahunan oleh Morinaga, dresscode nya adalah nuansa merah.

Saya sering kelupaan atau salah tanggal kalau ada event2 gitu 😌,, saya udah ngajuin ijin tanggal 1 Oktober, but di kantor ada acara FunGame, jadi saya masuk. E,,, ternyata di WA in sama mbak SPG yang kemarin nawarin, kalau ditunggu dateng diacaranya,, whatt 😏 saya belum ijin dari kantor, dan saya nggak pake baju dg dresscode merah 😫, karena saya udah nyampe dikantor. Wal hasil saya nge-GOJEK buat pergi kesana.



Harga tiketnya cuman 75ribu doang dan dapet hadiah tempat minum tupperware/tas belanja yg kekinian itu/crayon. Finally saya pilih crayon ajalah buat ngasah kreativitas di ladang tembok oleh duo Ardhani. Ini seminarnya murah bangett,,, udah di hotel terus pas daftar dapet hadiah,, uuhh,, love this 💗💗💗


Di seminar kali ini akan hadir 3 pembicara ada :
  • Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) Dokter ahli tumbuh kembang anak
  • Dr. dr. Anang Endaryanto, SpA(K) Dokter ahli alerg-imunologi anak
  • Bunda Romi seorang psikolog yang sudah wara-wiri namanya terdengar
Dan untuk moderator kali ini, sepertinya juga sama ditahun-tahun sebelumnya seorang artis yang sekarang sedang off di layar televisi katanya, Adrian Maulana (aslinya ganteng awawa,,balada emak2,, tapi teteplah suami saya bukk yang paling ganteng menurut saya :P #nggakbolehprotes 😅😅)

kali ini saya akan membahas tentang Perkembangan Otak anak yang materinya dibawakan oleh Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K). Dokternya kocak dan moderatornya klop juga, pinter cara bawain acara ibu2 gini..


dr.awan menerangkan mengenai bagaimana perkembang otak anak terjadi, Sebagai seorang ibu, pasti tau kan bahwa proses pembentukan otak itu dimulai sejak dalam kandungan. Makanya ketika hamil, kita perlu menjaga asupan makanan yang bergizi, karenan memang penting untuk nutrisi bayi dalam kandungan. 

Pembentukan cikal bakal otak dimulai diminggu-minggu pertama kehamilan yaitu berupa lempengan, selanjutnya usia 3-4 minggu lempengan tersebut berkembang menjadi bentukan semacam tabung, yang dinamakan neural tube.


Selanjutnya pada minggu ke 5-6 maka tabung tadi akan terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu :
  • bagian otak depan
  • bagian otak tengah, dan
  • bagian otak belakang
Pada usia kandungan 7 minggu, maka sel-sel otak mulai terbentuk dengan cepat. Berapa kecepatannya?? ngitungnya pake speedometerkah?? 😀 nggak lah . Ternyata kecepatan spin mesin cuci aja kalah mak,, 1000 Sel otak per menit 😮😮😮😮💘💘💘.. ALLAH maha sempurna.. 

Di usia kehamilan 3-4 bulan, bongkahan otak dan setiap bagiannya sudah mulai nampak jelas. 5 bulan kehamilan inilah puncanya pembentukan sel otak, serta lapisan terluar otak (korteks) sudah menampakkan garis-garis kerutan yang akan membentuk lipatan-lipatan korteks. Pada masa usia 9 bulan maka bongkahan otak sudah terbentuk sempurna seperti huruf "C" dan otak bayi siap untuk dilahirkan.

Sel Otak (Neuron)
Kali ini dr.awan membahas dengan bahasa ilmu. Yuk,,mari belajar bahasa kedokteran 😉 .
Otak terbentuk dari dari triliunan sel-sel otak yang dinamakan Neuron. Pada awal kelahiran, sel-sel otak belum terkoneksi antara satu dengan lainnya sehingga menjadi sebuah rangkaian sirkuit. Koneksi antar sel otak dinamakan dengan Sinaps. Sinaps ini terbentuk karena stimulasi lingkungan, semakin sering anak diberikan stimulasi maka sinaps yang terbentuk semakin banya. Kaya akan sinaps maka akan semakin kuat koneksi yang permanen di masa depan. Apabila Sinaps yang sudah terbentuk namun tidak pernah digunakan oleh anak, maka sinaps akan mengalami kematian atau disebut dengan istilah pruning. Maka perbanyaklah stimulasi pada anak-anak kita 💗

Kepadatan sinaps otak anak mulai lahir hingga usia 6 tahun

Pertumbuhan berat otak sesuai usia :
  • Usia kehamilan minggu ke-20 = 100 Gram
  • Bayi lahir = 400 Gram
  • 18 bulan = 800 Gram
  • 2-3 tahun = 1100 Gram
  • Dewasa = 1300-1400 Gram

Bagian-bagian Utama Otak Anak



  1. Batang Otak
    Seharusnya sudah terbentuk sempurna sejak bayi lahir, karena batang otak ini memiliki peranan penting dan vital dalan kehidupan bayi/anak, seperti : denyut jantung, temperatur tubuh dan tekanan darah.
  2. Sereblum
    Memiliki fungsi sebagai kontrol keseimbangan dan koordinasi gerak otomatis. Apabila terjadi kerusakan pada sereblum, maka anak tidak memiliki kemampuan untuk mengkoordinasikan berbagai gerakan tubuhnya
  3. Otak Tengah
    Memiliki fungsi dalam mekanisme kontrol tidur, nafsu makan dan fungsi motoris seperti melompat dan berlari.
  4. Sistem Limbik
    Merupakan bagian otak yang berada di bagian atas batang otak dan dibawah korteks. Peranan sistem limbik sendiri lebih ke fungsi emosi dan memori jangka panjang. Sitem limbik ini pun bisa mengambil alih fungsi dari bagian otak lain yang dikontrol oleh batang otak, seperti tekanan darah. Nah,,makanya kalau fikirannya negatif dan marah-marah mulukk ya tekanan darah tinggi 😂😂
  5. Korteks
    Korteks berfungsi sebagai "pusat eksekutif" dari otak, yaitu dalam mekanisme kontrol proses pengambilan keputusan dan pertimbangan dari segala informasi yang masuk ke dalam otak. Korteks merupakan bagian otak yang memiliki sub bagian, karena setiap sub memiliki fungsi masing-masing :
    • Korteks otak bagian belakang : berfungsi utama untuk proses persepsi penglihatan
    • Korteks otak bagian samping : berfungsi utama untuk proses pendengaran, bicara-bahasa, memori dan fungsi sosial-emosi
    • Korteks otak bagian atas : berfungsi utama untuk proses persepsi berbagai fungsi motorik
    • Korteks otak bagian depan : berfungsi utama untuk kecerdasan sosial, pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah, dan kontroling kemandirian.

Kunci Utama fungsi Kerja Otak Anak

Sudah kita bahas diawal mengenai Sinaps (koneksi antar sel otak), semakin banyak sinaps yang terbentuk maka semakin besar pula kapabilitas anak untuk belajar. Jika dikatakan bahwa kepandaian merupakan faktor genetik, that's not all true 🙈

Faktor genetik hanya sebuah "cetak-biru" dari otak seorang anak untuk perkembangan ke depan. Namun yang terpenting adalah faktor pengasuhan sehari-hari. Apa saja faktor pengasuhan ? yaitu nutrisi dan pemberian stimulasi.

Ternyata ada yang namanya masa kritis perkembangan fungsi otak anak lohh,, ada catatan dari dr.awan, katanya waktu yang tepat untuk mensekolahkan anak/PAUD/playgroup adalah usia 3 tahun, karena masa kritis sosialisasi dengan teman sebayar di usia itu. 

Masa kritis perkembangan fungsi otak anak

Berikut saya berikan image beberapa tips mengembangkan struktur dan fungsi otak anak dari usia 0-36 bulan, inilah masa emasnya anak-anak. Selamat menyimak bu-ibu,, inget camilan boleh juga dibawa ya,, karena ini bahasannya penting euy,, 😋😋

Mengembangan struktur dan fungsi otaka anak usia 0-3 dan 3-6 bulan

















Mengembangan struktur dan fungsi otaka anak usia 6-9 bulan

Mengembangan struktur dan fungsi otaka anak usia 9-12 bulan

Mengembangan struktur dan fungsi otaka anak usia 12-15 bulan


Mengembangan struktur dan fungsi otaka anak usia 15-18 bulan


Mengembangan struktur dan fungsi otaka anak usia 24-30 dan 30-36 bulan

Ternyata pembasahan tentang otak ini agak panjang,,pentingnya stimulasi dan nutrisi adalah menjadi faktor utama dalam membentuk perkembangan otak anak.

Semoga ulasan kali ini bisa memberikan manfaat untuk para orangtua dan calon orangtua dalam menjaga amanah yang sedang diberikan kepada kita. Dan tanggung jawab mendidik anak tidak hanya di tangan ibu saja, namun bersama-sama dengan sang ayah ya,,

Selamat belajar para orangtua (termasuk saya yang lagi nulis gini, sambil belajar juga) 😊

2 comments:

kumpulan-emak-blogger
 

back 2 right way Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template